Powered By Blogger

Friday, September 12, 2008

Persahabatan

This is the task for all elektron's cakru to write an article with of any topics. I hardly write it in Indonesian but I have to. Just enjoy reading it.. I write another article to support this one empirically in the source and the theories supporting this friendship discussion.

Theme : Social Interaction

Title : Friendship (Persahabatan)

Dalam hubungan sosial, persahabatan merupakan bentuk atau model interaksi sosial yang tergolong memiliki jarak keintiman interpersonal cukup tinggi. Hal ini didukung kuat oleh kenyataan bahwa persahabatan melibatkan penghargaan, pengetahuan, dan afeksi yang mencapai kesetaraan di antara kedua belah pihak di dalam hubungan persahabatan tersebut. Persahabatan dibangun oleh kesesuaian minat atau bakat dan frekuensi pertemuan yang tinggi untuk proses perkenalan serta pemahaman interpersonal. Ciri utama dari hubungan persahabatan yaitu terlihat pada sikap dan tingkah laku yang berbalasan serta reflektif satu terhadap lainnya. Akibatnya, hal ini akan menimbulkan konvergensi di dalam pembentukan karakter setiap pribadi di dalam hubungan tersebut.
Seiring dengan berjalannya persahabatan tersebut terhadap waktu akan muncul nilai-nilai baru, antara lain keinginan untuk mencapai keadaan yang terbaik bagi kedua belah pihak, sikap dan rasa simpati serta empati, kejujuran antara kedua pribadi, dan rasa saling pengertian yang hanya ada di dalam hubungan interpersonal dengan tingkat kedekatan cukup tinggi. Akan tetapi, persahabatan di mata setiap orang berbeda-beda bergantung pada latar belakang dan kondisi sosial masyarakat tempat terbangunnya hubungan persahabatan tersebut. Hal ini didukung oleh adanya teori-teori interaksi sosial, seperti teori pertukaran sosial, teori sosial simbolis, teori identitas, teori keadilan, psikologi sosial, dialektika relasional, dan lain-lain.
Secara umum, persahabatan bukan hanya sekadar hubungan pertemanan biasa yang dapat dibangun dalam waktu singkat. Pengujian terhadap suatu hubungan persahabatan merupakan pengujian kesetiaan antarpribadi terhadap waktu. Indikator kekuatan sebuah persahabatan dilihat dari tingkat kepedulian antarpribadi, kesetiaan, dan afeksi yang dinamis.

Persahabatan adalah warna, kehidupan, langkah yang terarah di dalam perjalanan panjang ini..

No comments: